Cara Membuat Blog di Blogspot

Postingan ini tentu saja tidak bisa ditujukan pada teman teman yang sudah punya blog. Karena pastinya, ilmu ini sudah ada diluar kepala kan? kalau tidak, tidak mungkin sudah punya blog. Kecuali minta dibuatkan orang lain :D

Sebenarnya sudah satu bulan terakhir ini, beberapa teman saya menginbox di FB dan minta dibuatkan blog. Bahkan, kalaupun harus bayar, tidak apa apa katanya.

Waah.. teman teman saya ini serius sekali rupanya ingin belajar menulis. Untuk itu, daripada saya menjelaskan satu satu, lebih baik saya buat postingannya disini. Siapa tau nanti yang belum paham ilmunya pun, bisa nyasar ke blog ini waktu googling dan bisa belajar dari sini.

Platform blog gratisan itu banyak sekali. Tapi yang paling populer di kalangan blogger adalah blogspot. Kenapa? Karena featurenya banyak dan ramah untuk pemula. Artinya, gak ribet pakenya!

nah kali ini, saya akan jelaskan cara membuat blog di blogspot ya.. karena, sesuai yang sudah saya jelaskan tadi. blogspot ini paling populer dibanding platform lain.

Karena blogspot ini punya google, maka dari itu kita wajib punya akun google.
Setelah punya, ikuti langkah saya berikut ini.

Langkah 1
Masuk ke www.blogger.com
Anda akan diarahkan ke halaman ini. Isi email dan sandi google, lalu klik Masuk 


Langkah 2
Setelah masuk, kita akan diarahkan ke halaman ini. 
klik "lanjutkan ke blogger"


Langkah 3
Setelah klik "lanjutkan ke blogger", kita akan diarahkan ke halaman ini. Disini, klik "Blog Baru" 


Langkah 4
Disini, silahkan isi judul blog dan nama blog yang anda inginkan. Lalu pilih template tampilan blog yang kita mau. Setelah itu, klik "buat blog!" 


Dibagian alamat blog, akan langsung terlihat apakah nama itu bisa dipakai atau tidak. Kalau tulisan yang muncul adalah "Alamat blog ini tidak tersedia", itu artinya nama itu sudah digunakan oleh orang lain dan kita harus mencari nama lain yang bisa dipakai. 

Nah kalau sudah klik "Buat Blog", artinya proses sudah selesai dan blog kita sudah jadi!
Tinggal klik "Mulai mengeposkan" untuk mulai menulis atau tutup untuk selesai :)


Ini blognya navaro yang baru saja saya buat tadi :)


Nah.. gimana.. mudah kan membuat blog? Selamat ngeblog! 

Komentar

  1. asyiiik ada tutorialnya, nanti kalau ada teman yang mau belajar bikin blog aku kasih link postingan Lia aja ya

    BalasHapus
  2. rajin banget sih mak, bikin tutorial, secara saya mah gak bisa hehehe

    BalasHapus
  3. Terima Kasih infonya lia, jd tahu aku gmn prosesnya, nambah ilmu :D
    Terimakasih jg sdh dibuatin blog kmrn, tinggal latihan nulis ajah lg.
    Btw, blog sdh ada, Tulis jg dong lia gmn cara masukin foto dan cara mempostingnya.
    ditunggu part 2 nyaaa...
    *mohon petunjuk mu guru* :D

    BalasHapus
  4. theme browser-nya girly banget :D

    BalasHapus
  5. Navaro ganteng udah punya blog juga nih, aku jd kepikiran buatin anakku juga lia... biar ntar gedenya rajin nulis.

    BalasHapus
  6. Wah sangat bermanfaat sekali buat saya pribadi, saya yakin artikel ini juga bermanfaat banyak terhadap pembaca lainnya seperti yang saya alami.

    BalasHapus

Posting Komentar