Tentang Suka-nya Jadi Admin FanBase

Akhir 2010 saat saya mulai menyukai drama korea, saya hanya berjalan sendirian. nonton sendiri, spazzing sendiri, ngapa ngapain sendiri deh pokoknya.

Sampai akhirnya secara gak sengaja saya ngobrol dengan salah satu admin cri-j indonesia, dan dari situlah pertemanan saya dengan mereka yang sama sama hobi nonton drama korea mulai terbuka.

Bisa dekat dengan admin fanbase itu keuntungannya banyak! salah satunya, kita bisa mendapatkan akses yang berhubungan dengan artis dengan lebih mudah. Contohnya, saat saya menonton fan meeting jang keun suk di singapura. Saat itu, saya bisa dapat seat VIP, duduk di row ke 2 dari panggung berkat bantuan mereka. padahal kan tau sendiri.. penjualan di sistic itu super cepat. Dan saat itu, kita berebut tiket dengan fans di seluruh Asia. Entahlah gimana caranya. Pokoknya, waktu itu saya dapat tiket VIP + Photo session karena bantuan mereka. begitu juga dengan kemudahan kemudahan lain seperti pembelian photobook, membership korea, dan lain sebagainya.


Pengalaman Jadi Admin Fanbase

2011 adalah pertamakalinya saya ditawari menjadi admin sebuah fanbase. Fanbase salah satu artis korea yang sekarang sudah jarang saya ikuti kegiatannya. Hehehe 
Karena satu dan lain hal, saya gak bisa lama menjadi admin disini dan akhirnya mengundurkan diri. Alasan kenapa saya mengundurkan diri akan saya ceritakan terpisah.

Setelah beberapa saat tidak terikat dengan fanbase manapun, 2012 saya ikut tes untuk menjadi admin salah satu boyband indonesia bernama S4. Iyah. ada tes sebelum masuk jadi admin di fanbase itu. Karena saya adalah admin pertama yang direkrut, tesnya hanya sekedar wawancara dengan founder dan co founder. Kali ini bukan artis korea, tapi artis indonesia yang fans nya sudah banyak di luar negeri termasuk korea. 

Sedikit banyak saya belajar tentang manajemen fanbase disini. Foundernya adalah seorang warga negara mexico bernama Karula, dan co foundernya adalah Ahndes, seorang mahasiswi di Sampoerna Foundation yang superrrrrr pinter! 

Kami membangun sebuah fansite yang menurut saya, TERATUR DAN TERTATA RAPI BANGET!!
Semuanya terencana, dan terjadual. Pokoknya OKE! Kalau mau lihat fansite nya bisa di cek disini S4 International .

Ngomongin tentang Ahndes, saya memang kagum sama dia. Saat itu usianya baru menginjak 20 tahun, tapi pemikirannya sudah jauuh didepan saya. Dan ilmu manajerialnya, SUPER!!

Semua kerjaan kayanya akan beres kalau ahn yang handle. Pokoknya perusahaan yang bisa menghire ahndes, bakal beruntung banget deh! Karakternya pun nyenengin, gak terlalu mikirin apa yang orang lain lakukan. yah prinsipnya yang penting dia gak ngerugiin orang!

Saat jadi admin fanbase disini, banyak lho kemudahan yang saya dapat. Terutama, akses langsung sama artisnya. Kami punya channel langsung ke manajemen artis, artis, dan ke stasiun televisi. Sehingga setiap mereka ada jadual di TV, pembagian tiket akan dilakukan melalui fanbase kami. 

Begitupula waktu UKISS konser di Indonesia dan S4 menjadi artis pembukanya. Kami dapat jatah tiket untuk admin, dan untuk di bagi bagi ke fans. Makanya.. meskipun saya gak kenal UKISS, saya datang ke konsernya. 


Sayangnya S4 memutuskan bubar dan memilih fokus di karir masing masing. Jadi, Fanbasenya pun sekarang mati suri. 

Berangkat dari kemungkinan kemudahan kemudahan yang akan didapat, akhirnya kami beberapa orang yang suka dengan drama korea, sekitar sebulan lalu membangun sebuah web yang dinamai My Korean Drama. Web yang membahas all about drama korea dan artisnya. Penggagasnya sendiri adalah empie, anggota termuda di tim. sementara tim lainnya ada mbak vita, mbak della, mbak utie, mbak tari, mbak ilmi, dan mbak rita. tentang profile mereka bisa dilihat DISINI .Tapi profil saya dan mba rita belum tercantum disana, belum di update. hehehe

web mykoreandrama

Disini pun kami punya tim yang hebat. Mpie dan her future husband insha allah yang jadi programmernya. Jadi saya percaya kalau fansite ini akan mencapai misi yang sudah ditetapkan sebelumnya, yaitu dapat kemudahan untuk setiap event yang berhubungan dengan artis korea.

Sayangnya, sampai hari ini saya belum bisa maksimal terlibat dalam tim karena masalah prioritas dan lain lain. Semoga nantinya bisa segera aktif disana.

Teman teman yang mau dapat info terbaru tentang drama korea, bisa langsung meluncur ke web My Korean Drama , follow twitter nya dan Like fanpage nya.

Do'akan semoga MyKoreanDrama bisa terus bertumbuh ya teman teman! :)



Komentar

  1. Aamiin. Semoga sukses dgn fansite nya ya mak...

    BalasHapus
  2. Saya udah like fanpagenya.. nanti kalau dapat tiket buat fans, saya dapat juga kan yah? *daftar dluan..hihi

    Sukses projectnya mba, kecintaan ke drakor tersalurkan dengan baik^^

    BalasHapus
  3. Ayo atuh Lia...! Semangattt ^^ Bersakit-sakit dulu sekarang, berebut jatah tiket kemudian xD

    BalasHapus
  4. Semoga sukses fansite-nya mbak...
    BTW, aku juga penggemar KDrama lho...terutama yg pemainnya ganteng2 #halah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ganteng ganteng memang selalu menarik, mak :)

      Hapus
  5. Good luck ya Lia. Akhisnya aku udah nonton loh love forecastnya :) trus yang bagus judulnya apa lagi

    BalasHapus
  6. Mak lia kinyis kinyis bgd sih..awet muda...
    Okey langsung berkunjuuunggg

    BalasHapus
  7. aminnnnnnnnnnn.. Kecup mba Lia :* semoga kita langgeng ya ^^

    BalasHapus
  8. Aku juga blm maksimal lia... terkendala banyak hal hehehe.... tapi insyaAllah semoga bisa lebih maksimal bisa posting tiap hari. Mudah2an misi kita tercapai ya...

    BalasHapus
  9. wah.. sukses ya dengan fansite ya. Moga tambah maju, banyak visitor dan menjadi sesuatu.

    BalasHapus
  10. Saya ucapkan terima kasih informasinya, semoga informasi yang Anda berikan bisa menjadi infomrasi yang bermanfaat dunia dan akhirat

    BalasHapus

Posting Komentar