Hati Hati Mafia Kasir

Assalamu'alaikum

Teman teman pernah dengar tentang Mafia Kasir?
Saya pernah mendengar tentang ini beberapa kali dan juga pernah membaca beritanya di media online.
Tapi ya sekedar tau aja. Sempat mikir sebenarnya.. saya pernah ngalamin ini juga gak sih? tapi ya selintas itu aja dan lalu lupa.

Saya ini orangnya gak teliti dan malesan. Kalau pas belanja pun suami yang biasanya lebih teliti lihat harga dan perintilannya. Saya sih ambil bayar ambil bayar aja. *gaya* biarin! kan bukan saya yang bayar :D

Tapi nih.. sejak banyak baca tentang mafia kasir ini, sekarang saya ekstra hati hati lho. Ngecek setiap harga dari barang yang saya beli.

Barusan aja saya belanja di salah satu minimarket dekat rumah. Niat awalnya sih cuma pengen beli susu dan roti. Tapi.. tapi.. pas pulang dan sampai rumah saya baru sadar kalau kantong belanjaan saya penuh. DAN ITU ISINYA BUKAN CUMA SUSU DAN ROTI!
*kebiasaan*

Wah..  tisunya diskon 50%! *ambil 2 pak*
Waduh minyak goreng ada potongan 2ribu! *ambil 2 liter*
Yaampun.. beli minuman itu, beli 2 gratis 1! *masukin trolley*

Yah gitu deh kerjaan ibu ibu saya. Kalau liat diskon pasti mikirnya "lumayan.. BUAT STOK!"

Tapi apa jadinya kalau saya yang belanjanya dengan misi mengejar diskon itu tiba tiba tetap bayar mahal pas di kasir?

Bete? Pasti.
Niatnya beli karena diskon kok. Lah kalau pas bayar di kasir ternyata harganya gak diskon gimana jadinya?

Ini yang saya temukan tadi saat belanja.

1. Harga tisu dan pewangi ruangan yang saya beli, di display diskon 50% tapi pas dibayar, harga normal.
3. Ada beberapa item yang berbeda Rp 200-500 dari harga yang dicantumkan di display.

Saya saat itu? Membalikkan badan dan bertanya ke kasir. Intinya mengkonfirmasi kenapa kok harga yang tercantum di struk beda dengan yang dipajang di display. Dan ini penjelasan yang saya terima dari sang kasir.

1. Harga di display belum terupdate
2. Orang yang menempel harga di display berbeda beda. Jadi memang sering terjadi kesalahan penempelan harga.

Saya merasa itu bukan alasan yang tepat. Kalau masalahnya harga di display belum terupdate, saat saya cek disana program promosi tercantum 1-15 mei kok.  Nah kalau alasannya salah menempel, berarti itu kesalahan pihak minimarket dong.. bukan kesalahan saya yang memutuskan memilih barang itu karena dikira diskon.

Merasa masih butuh penjelasan, saya menemui supervisor. Sang supervisor pun mengecek satu satu item belanja saya, dan menemukan beberapa selisih harga. Dia bilang harga yang tercantum di display sudah benar, dan dia sendiri bingung kenapa harga di struk bisa berbeda dengan di display.

Yahhh.. meneketehe pak.
Bapak bingung, saya lebih bingung.

Selesai pengecekan, supervisor meminta maap dan mengembalikan selisih uang saya. Nilainya berapa? Gak banyak sebenarnya.. hanya sekitar 15ribuan. Tapi bukan nominalnya yang saya permasalahkan. SISTEMNYA. kok bisa? 15ribu dari satu orang memang sedikit. Tapi bagaimana dengan 100 orang setiap harinya yang datang ke minimarket itu? yah hitung sendiri deh totalnya. Lumayan buat beli sapi untu kurban nati. hehehe

Kita memang enggak bisa sepenuhnya menyalahkan pihak supermarket. Mungkin memang benar ada kesalahan penempelan harga dan sebagainya. Untuk itu, sebaiknya kita lakukan tahap pencegahan itu melalui diri sendiri. MULAI TELITI! kalau perlu bawa buku dan pulpen saat belanja. Jadi setiap kita ambil barang, kita catat harga yang tertera di display. Sebelum meninggalkan minimarketnya, cek satu satu dulu, samakan harga yang di struk dan yang di catatan kita. Jadi kalau ada perbedaan harga gak perlu bolak balik.

Cek juga di struk apakah ada produk gratis yang kita terima dan kalau kasir belum memberikannya, kita minta. Soalnya pas di kasus saya yang ini, saat sampai rumah saya baru sadar kalau di struk belanja tertulis saya dapat gratis 1 pak sosis, 1 piring, dan 3 stamp hadiah tapi sang kasir gak kasih gratisan itu ke saya.

Yaaahhhh piringkuuuuuuu

sumber : google



Komentar

  1. Top mak, langsung ke supervisornya aja sip..
    Daku dulu pernah jg mak, tp bukan mavia kasir, mapia karyawan yg jaga toko..kalau nggk ada yg punya dia naikin hrga smpek 10 rb. Jd kalau aq mau beli ke situ trs nggk ada yg punya langsubg balik badan dah

    BalasHapus
  2. Pernah ngalamin ini gegara nggak teliti cek harga....mau balik lagi buat komplain males. hehe
    Sekarang kalo habis bayar, langsung baca struk nya...

    BalasHapus
  3. Bener mbak, aku sekarang membiasain ngecek struk klo habis belanja, jgn sampe ditipu kasir atau tokonya.
    Aku jadi pengen cerita deh jadinya, wktu di Lampung kmrin aku diketawain kasir krn minta kembalian yg cuma 200perak :D
    .

    BalasHapus
  4. Aku orangnya ngga teliti jg Lia mulai sekarang hati-hati banget

    BalasHapus
  5. Huaaaj jadi pelajaran baru buatku. Duh, kebiasaanku malah klo belanja malah cuek, gak pernah cek struk. Mulai skrg kudu lebih teliti nih. Thanks for sharing Mbak. ;)

    BalasHapus
  6. Sama lia... aku juga bgitu kali belanja suka lengah merhatiin harga. Dasar emak2 ya beli cairan pencuci pirinv pun yg ada hadiah sendoknya hihihi. Tapi aku blm pernah ngalamin sih yv kyk lia alamin. Cuma kebiasaan buruk kalo nerima uang kembalian langsung comot aja gk pake dihitung dulu, alhasil kadang uang kemabaliannya kurang bahkan petnah dpt uang sobek.

    BalasHapus
  7. Kalo aku suka bawa HP pas belanja. Maklum matematika nya jongkok. Kalo beda harga di display sama di kasir suka ngga jadi aja. Biar tau aja mereka kl ngga semua pelanggan itu nrimo. ^^

    BalasHapus
  8. Bisa diterapkan kapan-kapan ini. Soalnya aku juga gitu mak, suka gak teliti kalo belanja. Malah kadang, struknya aku buang terus di tong sampah minimart/supermarket sehabis belanja, wkwkkwk... kalau misalnya ada apa-apa (misal ketinggalan barang atau apa), menyesal kemudian jadinya. tapi selalu terulang lagi. *tepok jidat*
    Mesti berubah ini ke depan, hehee... TFS mak

    BalasHapus
  9. Yaampun gratisannya lumayan banget itu, Lia!
    Iya aku setuju, bukan nominalnya yang penting, tapi sistemnya. Mudah2an jangan kejadian lagi, ya..

    BalasHapus
  10. oalah sama, pernah kurasakan hal ini, di stiker harga itu promo, pas bayar oh bukan rasa jeruk bu yg promo, tapi rasa blackcurrent, jiaah..

    BalasHapus
  11. saya juga pernah mbk,persis kayak gitu..label di rak belum diganti. akhirnya dibalikin g jadi beli...sekrang kalau ada diskon2nya,lebih pilih tanya dulu hehehe

    BalasHapus
  12. betul banget tuh, saya juga pernah ngalamin seperti itu kan sayang dapet bonus hahaha

    BalasHapus
  13. sudah sering denger sih mak yang beginian, bahkan aku pernah belanja di minimarket, misalnya totalnya 10.300 eh tau-tau disuruh bayar 10.500, gimana gak bete coba, yang 200 biaya apa??

    BalasHapus

Posting Komentar