Tentang Navaro dan Wisuda Play Group

Tadi siang saat jemput Navaro sekolah, Ibu Guru nya bilang kalau besok pagi Navaro libur. Sebagai gantinya, sore jam 4 harus ke sekolah karena ada latihan paduan suara untuk persiapan wisuda tanggal 4 Juni besok.

Wah.. anak mami sebentar lagi mau lulus TK dan masuk SD. Rasanya baru aja kemarin ngerasain sakit lahiran, eh sekarang udah mau masuk SD aja nih jagoan.

Ngomongin soal wisuda, kayanya saya belum pernah upload dan nulis tentang wisuda play group nya Navaro. Dua tahun lalu saat Navaro lulus play group, dia masih jadi anak superrr pemalu. Kadang saya bingung dan takut sendiri menghadapi sikap malunya. Dia sama sekali nggak mau lepas dari tangan saya, apalagi mau berdiri tegak di hadapan banyak orang.

Ini beberapa foto Navaro saat wisuda. Dia dikasih tugas nyanyi di panggung, berdua sama temannya. tapi pas sampai panggung, Navaro malah mau nangis dan minta turun :))

Ekspresi grogi saat mau naik panggung


Harusnya nyanyi, tapi malah nangis :))

Itulah navaro. Dari kecil, dia memang sedikit pemalu dan introvert, susah untuk masuk dalam lingkungan yang baru. Saat pertamakali masuk play group, butuh 3 bulanan untuk saya sampai bisa benar benar meninggalkan dia di kelas. Jadi saat awal awal, saya harus terus menemani dia di sekolah dari awal sampai sekolah selesai. Kadang malah sampai harus masuk ke dalam kelas. Melihat anak anak lain yang sudah bisa langsung lepas dari mamanya dan bahkan ada yang diantar ojek, saya suka sedih.

Tapi akhirnya saya sadar.. setiap anak itu berbeda. Navaro juga bisa saya tinggal sendiri, hanya perlu waktu lebih lama untuk saya meyakinkan dia bahwa dia aman kok meskipun saya nggak ada disana. Perlu waktu lebih lama untuk saya meyakinkan navaro bahwa di sekolah, ia punya ibu guru yang bisa menggantikan tugas maminya sementara.

Setiap hari saya meyakinkan navaro dan menikmati prosesnya. 3 bulan setelah itu, akhirnya navaro mau saya tinggal sendiri di sekolah.

Ada rasa haru dan bahagia saat navaro naik ke panggung wisuda. Ini baru play group lho. Gimana nanti kalau wisuda sarjana ya?? waah..








Saya bersyukur selalu membawa kamera kemanapun. Meskipun itu hanya kamera HP, tapi ternyata hasil bidikannya bisa mengembalikan memori masa lalu seperti sekarang ini. Dan yang lebih penting saya bisa perlihatkan ke navaro.. "ini lho nak, waktu kamu wisuda play group dulu. Masih inget nggak?"




Komentar

  1. Weleh...anak TK pake wisuda segala..hahahha..lucu-lucu ya...

    BalasHapus
  2. Navaro mirip anak saya mbak, pemalu dan introvert, tahun ini mau masuk TK, ga kebayang gimana nantinya. Kemaren pernah masuk sekali untuk pometaan siswa dan saya ikut masuk kelas. Navaro butuh 3 bulan yaa sampai bisa ditinggal. Aduh, semoga Nathan ga sampai selama itu ya.. Selamat yaa Navaro dah wisuda playgroup.
    Salam kenal

    BalasHapus
  3. Navaro mirip banget sama dirimu mak, hehee

    BalasHapus
  4. Yeaay... Tahun ini masuk SD, tambah gede ya Varo..

    BalasHapus
  5. Udah gede ya Navaro. Semoga makin pinter dan sholeh ya Nak ^_^

    BalasHapus
  6. Masya Allah Lia, Navaro cetakan mamanya banget ^^
    Pinter terus ya, Nak. Semoga dapet SD yang cocok ;)

    BalasHapus
  7. waaah.... Navaro skrg sudah besar ya, sudah mau masuk SD. Selamat ya Navaro....

    BalasHapus
  8. Navaro ganteng banget pakai baju wisuda

    BalasHapus
  9. bangga ya liat Navaro wisuda play group apalagi nanti kalau wisuda sarjana wah mba lia pasti bangga banet :))

    BalasHapus
  10. Tapi senyumnya cling gitu kok, Mbak.. Hihihi.. Kalok wisuda sarjana, In Shaa Allah cum laude yak :D

    BalasHapus

Posting Komentar