Cilok, Makanan Kampung Yang Enak

Assalamu'alaikum!

Teman teman pernah dengar makanan bernama Cilok? Cilok berasal dari kata " Aci Dicolok".

Maksudnya adalah, makanan yang terbuat dari aci (tepung sagu) dan penyajiannya di tusuk oleh tusuk sate. Aci Dicolok itu berasal dari bahasa sunda. Aci = sagu, dicolok = ditusuk.

cilok

Saya nggak tau apakah di kota ada makanan seperti ini? tapi kalau di kampung kampung seperti pandeglang, makanan ini banyak di jajakan. Bahkan di cilegon pun ada beberapa yang jual makanan ini meskipun nggak banyak.

Nah kemarin, saya dan adik iseng bikin cilok ini di rumah. Bahan bahannya gampang dan cara bikinnya juga nggak ribet. Hasilnya enaakk banget. yuk cobain.

Bahan

2 butir telur, di rebus lalu potong dadu
1/4 kg tepung sagu
1/4 kg tepung terigu
Air secukupnya

Bumbu :
1 buah bumbu pecel sinti
5 buah cabe rawit atau sesuai selera
1 siung bawah putih
Garam secukupnya
Kecap secukupnya (saya pakai kecap bango)
Minyak goreng untuk menumis

resep cilok


Cara Membuat :

- Siapkan wadah, masukan tepung sagu, tepung terigu, dan air lalu aduk sampai adonan bisa di bentuk.
- Bentuk adonan menjadi bulat, isi dengan telur yang sudah di potong dadu di dalamnya.
- Didihkan air, masukkan adonan yang sudah di bentuk bulat ke dalam air mendidih (didihkan di atas kompor).  Rebus sampai adonan berubah warna menjadi bening dan licin. Setelah bening, angkat lalu tiriskan.

Siapkan Bumbu. 
- Haluskan bumbu sinti dengan sedikit air. Iris tipis rawit dan bawah putih.
- Siapkan Minyak goreng, masukan rawit dan bawah putih ke dalam minyak. Setelah wangi, masukkan bumbu sinti, beri air, kecap, dan sedikit garam. Setelah matang, masukan adonan cilok dan biarkan sampai bumbu meresap. Setelah bumbu meresap, angkat dan hidangkan.

makanan ringan

Saya sendiri kemarin menyajikannya nggak pakai tusuk sate. Nggak ada soalnya. Jadi langsung aja di tusuk garpu lalu HAP! di makan :D

Bumbu sinti itu bumbu pecel (kacang) instan. Jadi merk nya tergantung daerah masing masing dan bisa macam macam. Kalau disini, saya seringnya pakai yang merk sinti ini. Yukk.. siapa mau coba ?

Komentar

  1. Aku lebih suka cireng mbak, ada resepnya mbak? Hehehe

    BalasHapus
  2. CILOK..... Jajan favorit masa2 SD SMP. Dimakan bareng simping sebagai alas lalu disiram kuah kacang sama mamang penjualnya. Skrg kalo pengen makan cilok bikin sendiri aja, tapi gak pernah pake telur sih. tepung sagu sama terigu aja. oiya plus kornet kalo lagi ada. Lbh lama bikinnya daripada ngabisinnya sih..hehehhe

    BalasHapus
  3. Ciloknya kaya onde-onde kalau aku perhatikan. Apa jangan-jangan sama, cuma beda bahasa saja.

    BalasHapus
  4. Bikin ngileerrr. Suka jg sama jajanan ini. Cilok skrg bukan cm ada di Tanah Sunda Mak :D. Udah sampe Jatim hehehehehe

    BalasHapus
  5. skrg makanan cilok ini lagi naik daun ya Lia... dimana2 ada :) saya juga suka cilok, di makan utk buka puasa juga oke :)

    BalasHapus
  6. Di kota banyak mba. Di kota Bandung :D
    Sekarang cilok sudah dikemas dengan lebih menarik dan dijual di supermarket ternama maupun online :)

    BalasHapus
  7. Asiiikkk..akhirnya ada yg ngasih resep... Eh tapi Lia, bumbu sinti mah atuh bumbu pecel.. Mending Lia ngulik lagi bumbu kacang khusus cilok :D hehehe..*ngelunjak*

    BalasHapus
  8. Sejak dicekokik cilok sama Utie aku jadi suka, tapi nggak yakin bikinanku bakal seenak bikinan abang-abang, hihihi..
    Makasih share-nya, Lia. Tetep kucatet walaupun nggak yakin kapan sempet nyoba bikinnya ^^

    BalasHapus
  9. aku suka makan cilok mba apalagi cilok goang ituloh mba yang lagi tenar di mana-mana hehehe hampir setiap hari aku belinya abisih enak :D

    BalasHapus
  10. cilok aku suka aku suka...tiap hari lewat depan kantorku ini hihi....

    BalasHapus
  11. Wah ini ada cilok tadi pagi di TV saya lihat liputan cilok dan cireng. Makin ngileeeerrrr nih. Terima kasih ya Mbak untuk resepnya, mau coba ah buat sendiri.

    BalasHapus
  12. cilok bumbu sinti, eta pisan lah, enyaakk :)

    BalasHapus
  13. Waaa resepnya boleh nih Mak, mau saya coba di rumah. Hehehe makasih mak :)

    BalasHapus
  14. makasih resepnya, mak....aku pernah bikin cilok tapi kurang nendang...hihihi....
    btw, salam kenal ya...pertama mampir nih...:-)

    BalasHapus
  15. nah ini kliatan enak...aku suka ragu kalo beli cilok yg di jalan2 mba...tau sendiri katanya pake kecap berbahaya ato apalah...trs rasanya jg hambar... tp kalo resep ini sprtinya enak de...pake bumbu pecel pula...aku mnta mba ARTku bikin ah ntr ^o^

    BalasHapus
  16. Aku bikin kok keras ya? beda sih sama resep ini. nyoba ah

    BalasHapus
  17. dicatet nih resepnya...ntar dicoba praktekkan pas libur... makasih sharringnya ya Mbak..nice post..

    BalasHapus
  18. Di sini juga banyak cilok. Yang jarang cireng. Ah kangen cireng. Cireng yang dijual sekarang mahal, sebiji 5ribu. Dulu jaman SD 50 perak..hihihi..

    BalasHapus
  19. Mau doong, adik bayi ngiler niih ;)

    BalasHapus
  20. Aku juga sering bikin di rumah. Cemilan murah meriah enak :D

    BalasHapus
  21. Nggak cuma di pandeglang sob. Di cikarang juga banyak.

    BalasHapus
  22. Waahh,,, ini makanan favoritku jaman dulu,,, di purwakarta juga banyak ,,,

    BalasHapus
  23. jadi kangen sama cilok di sekolahan anak-anak saya. Enak banget ciloknya :D

    BalasHapus
  24. Aku suka cilok, tp beli. Hihi. Terima pesanan cilok?

    BalasHapus

Posting Komentar