My Brother, My Personal Doctor

Assalamu'alaikum..

Saya nggak pernah kepikiran punya dokter pribadi, apalagi berpikir dokter pribadi itu adalah adik saya sendiri. Jujur, saat adik saya SMA dulu saya nggak pernah menyangka kalau dia bakal memutuskan untuk menjadi seorang dokter. Saat bapak bilang kalau adik di terima di fakultas kedokteran, saya malah kaget. Lho?? Dokter??

Saya sendiri pernah punya cita cita untuk jadi dokter. Apalagi saat saya SMA, guru saya selalu bilang kalau profesi yang nanti bakal banyak di cari adalah tenaga pendidik dan tenaga medis. Apalah daya.. saya ini orangnya penakut abis. Waktu itu di takuti teman teman, katanya kalau kuliah di kedokteran itu bakal di kurung di kamar mayat.. jadilah saya ketakutan dan gak mau jadi dokter. hahaha cemen banget lah alesannya.

Dari dulu sering dengar.. jadi dokter itu tua di sekolah katanya. hahaha iya bener banget! butuh waktu minimal 7 tahun untuk seorang dokter mendapatkan STR (Surat Tanda Registrasi) dan SIP (Surat Ijin Praktek). Saya juga baru tau kalau di kedokteran, ada dua kali wisuda. Pertama adalah wisuda sarjana kedokteran, kedua adalah wisuda profesi dokter. Jadi gini alurnya..

Kuliah min 4 tahun -> wisuda S1 -> coas 2 tahun -> wisuda profesi dokter -> UKDI (ujian kompetensi dokter indonesia) -> OSCE (ujian klinis) -> internship 1 tahun -> Mendapatkan STR dan SIP.

Nah loh.. panjang banget kan??

Jadi kalau punya pacar calon dokter, harus sabar minimal 7 tahun. hihi *lirik si adik*


Dari serangkaian panjang alur di atas, adik saya baru sampai di tahap coas. Masih panjang perjalanan.. Kalau semuanya lancar, Maret 2016 besok baru akan selesai coas dan lalu di wisuda kembali. kali ini wisuda profesi. asiiikk.

Ngomongin soal wisuda, rasa rasanya saya belum sempat upload foto saat si adik wisuda. wah.. setahun berlalu, baru sempet upload sekarang. gak papa lah yaa.. :D







Awal Coas dulu si adik dinas di RS KabanJahe - Medan. Dia disana selama satu tahun dan pas saat gunung sinabung meletus. Jadi selain ngerasa jauh banget karena beda pulau, kami sekeluarga juga selalu cemas karena kebetulan Rumah Sakit tempat dinas si adik ada tepat dibawah kaki gunung sinabung.

Beruntung enam bulan lalu si adik di pindahkan ke salah satu Rumah Sakit di daerah Ciamis. Jadi ngerasa lebih deket karena lebih gampang juga kalau mau pulang ke rumah mamah.

Sejak si adik kuliah di kedokteran, saya jadi punya tempat nanya dan sharing. Bukan hanya sekarang saat si adik sudah lulus, tapi sejak dari dulu dia masih kuliah, saya suka sharing sama dia. Dia orangnya asik dan enak jadi tempat bertanya. apapun pasti dia jawab dengan tuntas. kalo dia gak tau, dia suka tanya sama dosennya. haha

Sejak navaro lahir, saya sedikit banyak belajar tentang treatment di rumah untuk penyakit penyakit ringan seperti cold and flu, juga saat navaro demam. Saya belajar gimana cara treatment di rumah supaya tidak sebentar sebentar ke dokter. Selain boros biaya, kasian juga kalau untuk penyakit ringan aja navaro harus kena banyak antibiotik. Bukan saya gak suka pergi ke dokter. Hanya saja saya pikir, gak semua penyakit perlu pergi ke dokter apalagi kalau hanya cold and flu. kecuali kalau flu nya memang sudah sangat mengganggu sehinga butuh bantuan dokter.

Adik saya sepemikiran tentang ini. Meskipun dia seorang dokter, tapi dia selalu menekankan ke saya bahwa lebih baik di observasi dulu di rumah. Tidak semua penyakit butuh obat. Saya ini orangnya panikan. kalau ada apa apa sama navaro, saya biasanya langsung telpon si adik dan menjelaskan keadaan navaro saat itu. Saya suka sibuk sendiri nanya ke si adik apakah perlu ke dokter atau enggak. Most of the time, biasanya dia bilang gak perlu. Minta saya observasi dulu 3 harian sambil di treatment di rumah. Kalau 3 hari tidak ada perbaikan baru berangkat ke dokter.

Beruntung dia itu orangnya perhatian banget. Setiap navaro sakit, meskipun jauhan pasti selalu di kontrol perkembangannya. Dan itu yang bikin saya tenang. Saya pun selalu percaya apa yang dia bilang dan sarankan. Alhamdulillah sampai sekarang Navaro jarang banget saya bawa ke dokter, kecuali buat cabut gigi. hehehe

Saya pun berasa jadi punya dokter pribadi. Meskipun gak bisa ngecek langsung, tapi kita selalu komunikasi via telpon. Satu satunya kalimat akhir yang selalu keluar dari mulut dia..

"Makanya.. olahraga teteehhh.. jangan duduk depan laptop aja!"

*nunduk*

dokter muda
Love You Brother



Komentar

  1. 2 org adikku pun dokter... cuma yg 1 msh koas, 1nya lg sdg pendidikan spesialis tht... dan aku girang bgt dia ambil tht, secara artinya aku bisa mnta bersihin kuping gratis wkwkwkwkw... mahal mba kalo k tht di rs2 itu... bersihin kuping doang prnh abis 500rb, gara2 dia pake alat canggih yg bs bersihin ampe k dlm2 bgt :D.. untung cover asuransi...tetep aja aku lbh milih dibersihin ama adek sendiri lah :D

    BalasHapus
  2. Hihi... Asik ya punya dokter pribadi, bs konsul kpn aja. Klo aku biasanya ke temen, ada tmn bekpeker yg dokter, klo lg pas mau konsul via wasap, panggilnya dok dok. Tp klo lg gk mau konsul, panggil nama aja. *ngelunjak*

    BalasHapus
  3. Uyeaaaahh..
    sukses ya mbaaak buat adeknyaaa.
    Mudah-mudahan dilancarin studinyaa. Aamiin

    BalasHapus
  4. Adikku juga dokter, dokter hewan tapi. Hahahaha :D duh T___T

    BalasHapus
  5. Wah...enak ya Mba punya adik dokter bisa konsul gratis, hrhe.. Sukses buat adiknya ya...

    BalasHapus
  6. Baru diwisuda lah berati sepantaran sama aku dong :'D
    Aku juga pernah daftar fk, tapi gagal lolos snmptn yaudah dah kagak jadi dokter :')

    BalasHapus
  7. selamat...wah dokter..keren..udah cakep pula..ahahaha..salah fokus...

    BalasHapus
  8. selamat ya utk adiknya Lia...
    saya pun thdp anak2 kalo sakit gak melulu harus ke dokter. Malah anak kedua saya yg usianya skrg 5 th, blm sekalipun ke dokter, Alhamdulillah jarang sakit :)

    BalasHapus
  9. Masih panjang perjalanan adiknya...tapi sudah berkontribusi banyak dalam menenangkan Tetehnya yang panikan..hihi..

    BalasHapus
  10. Selamat untuk adeknya Mak Lia. Semoga profesinya nanti membawa berkah, aamiin.

    BalasHapus
  11. selamat ya buat adiknya. Ganteng hehehe

    BalasHapus
  12. Iyah adeknya ganteng, ngiyain komen Mbak Lidya hahaha... Asik ya kalau punya sodara dokter. Sesodara dari nenek aku pihak ibu, padahal beliau anaknya delapan, anaknya dan cucu-cucunya yang hampir 30 itu kagak ada yang jadi dokter :'(

    BalasHapus
  13. wah heubat deh, adiknya dokter ..ganteng pulaks mba..

    BalasHapus

Posting Komentar