Brownies Kukus Untuk Bekal Anak Sekolah

Assalamu'alaikum..

Teman teman disini adakah yang anaknya baru masuk SD seperti saya? Pasti sedang excited sekali ya.. saya saat ini sedang bersemangat menyiapkan bekal untuk navaro sekolah. Kebetulan di lingkungan sekolahnya tidak ada penjual makanan. Selain itu anak juga tidak diperbolehkan membawa uang jajan. Makan siang disediakan catering dari sekolah, meskipun dikembalikan kepada sang anak mau makan dari catering atau mau diantar makanan dari rumah. Tidak ada paksaan harus ikut catering.

Karena Navaro pulang jam tiga sore setiap harinya, memaksa saya untuk kreatif menyiapkan bekal snack dan makan siang untuknya. Setiap awal bulan, para orang tua diberi catatan jadual menu catering untuk sebulan ke depan. Jadi setiap pagi, saya selalu bacakan menu catering itu pada navaro dan bertanya apakah hari ini mau makan siang dari catering, atau dari rumah.

Biasanya kalau dia tidak suka menu catering, akan minta dibawakan makanan dari rumah dan tentu saja ada request macam macamnya. Seperti hari ini, dia minta dibawakan ayam bakar untuk makan siangnya. Saya sendiri sih.. tidak selalu masak. Kadang kalau tidak sempat, akan beli dari luar tapi tetap nanti saya simpan di box makan siangnya. Hahaha

Katanya nih ya.. yang namanya anak pasti akan kenal dengan masakan mamanya. Kalau saya antar masakan hasil dari beli, biasanya pulang sekolah dia protes dan pas di cek, makanannya gak habis. Hehehe

Nah kalau untuk snack, dari awal navaro masuk SD saya selalu berusaha untuk membuatnya sendiri. Kebetulan Navaro adalah tipe anak yang suka sekali makan tapi dia gak suka ngemil ciki cikian. Dia lebih suka camilan berat seperti brownies, cheescake, bolu, kroket, semacam itulah.. pernah saya bawakan wafer dan cokelat.. eh sampai rumah ternyata masih utuh. Gak disentuh :p

Makanya.. saya jadi rajin cari resep resep baru dan mencobanya. Alasannya cuma satu. Supaya Navaro punya bekal baru untuk sekolah. Gak itu itu aja :D

Seperti kemarin sabtu, saya iseng buat brownies yang gak pakai mixer waktu buatnya. semua bahan cuma di aduk pakai spatula, lalu di kukus. Pas Navaro cobain ternyata dia suka dan minta dibuatkan lagi untuk bekal sekolahnya hari senin.

Jadilah senin pagi saya buat browniesnya. Bangun jam 4 subuh, saya buat adonan, waktu dikukus saya tinggal sholat dan beres beres, setengah 6 pagi browniesnya jadi. Cepet banget!

Yang mau coba juga, berikut saya tulis resepnya. Resepnya sendiri hasil nyontek dari teh tiya rahmatiya. Bahannya irit, cara bikinnya juga gampang. Dan dijamin pasti enak dan nyokelat banget. Yuk!

resep brownies kukus
Brownies kukus tanpa mixer

Bahan :
2 butir telur
100 gr terigu
100 gr dark cooking chocolate
120 gr gula pasir
5 sdm margarine
1/4 sdt garam

Cara membuat :
1. Kocok telur sampai berbusa. Tambahkan garam
2. Lelehkan margarine, coklat, dan gula pasir dengan cara di tim sampai gula larut
3. Campur telur dengan margarin, coklat, dan gula pasir yang sudah di lelehkan. Aduk rata.
4. Terakhir, masukkan terigu. Aduk sampai rata.
5. Kukus selama 35 menit dengan api sedang

Setelah matang, teksturenya akan padat seperti ini.. dan rasanya, enak dan nyokelat banget!

brownies kukus
Brownies kukus

Jadi, siapapun yang mencoba membuatnya pasti enak. Yuk kita buat brownies hari ini :)




Komentar

  1. hmmm, simpan dulu resepnya hahahaa bikinnya entah kapan XD thank you for sharing ya mak :)

    The Journey

    BalasHapus
  2. Pwngen coba buat ahh
    Tp nunggu keluarga/temen dlu
    Biar bikinnya bareng
    Sering gak pede kalo bikin sendiri hahaha
    (╯°□°)╯︵(\ .o.)\

    BalasHapus
  3. aku suka banget sama brownies tiap pagi pasti makan hehe

    BalasHapus
  4. Mak, itu coklatnya coklat blok ya? Kalo pake yg bubuk bisa ga?

    BalasHapus
  5. TOss samaan kita. Anakku juga pulang jam 3 & bawa bekal krn gak mau antri di kantin. Hari ini aku bikin cupcakes. Yg mudah2 gitu deh. Browniesnya cukup mudah ini, bisa untuk snack besok. Bangun jam 4 itu bikin ngantuk jam segini heheeee

    BalasHapus
  6. jadi kocok telurnya juga pake whisker aja mbak? gak perlu sampe ngembang ya?

    BalasHapus
  7. jadi pengen belajar bikin brownis sendiri mbak...kira2 rasanya spt apa ya :)

    BalasHapus
  8. aku juga suka intip2 resepnya tiya rahmatiya di IG nya lia, kelihatannya simple dan bahannya juga gampang di dapetin ya. kapan2 mau coba juga ah brownies nya.

    BalasHapus
  9. bikin ah kalau kue yang di rumah udah habis

    BalasHapus
  10. ga pake mixer bisa juga ya mba?enyak enyakkkk.... :)

    BalasHapus
  11. saya contek resepnya ya... jadi pengen nyoba :)

    BalasHapus
  12. aku baru tau bisa bikin brownies tanpa mixer malaah x))

    BalasHapus
  13. Too good to be true, kok kayaknya gampang banget. Nggak dioven pula. Mau cobaaaaaaaaaaaaa >.<

    BalasHapus

Posting Komentar