Resep Boterkoek, Kue Leker Kekinian


Assalamu'alaikum

Untuk beberapa teman yang terhubung dengan media sosial saya seperti facebook dan istagram, pasti sudah hafal sekali dengan hobi baru saya yaitu baking. Sebenarnya hobi itu gak baru baru amat. Dari dulu sudah ada minat terhadap baking ini. Tapi karena berbagai hal, minat hanya jadi sekedar minat. Prakteknya gak ada :D

Sampai beberapa bulan terakhir ini, dengan semakin banyaknya orang memakai instagram dan membagikan foto hasil bakingan mereka, saya malah jadi bersemangat juga ingin mencoba. Apalagi banyak selebgram yang baik hati membagikan resep mereka sehingga saya yang masih belajar ini bisa dengan aman tentram menconteknya. Hehe

Semingguan ini saya lagi jatuh cinta sekali dengan Boterkoek. Orang bilang ini kue kekinian. Kue Leker yang asalnya dari belanda ini memang leker sekali. Butter dan Mentega yang melimpah membuat rasanya juga melimpah. Renyah dan wangi.

Dalam seminggu ini saya sudah tiga kali membuat boterkoek. Buat dirumah, buat ibu mertua, dan hari ini bikin lagi buat mamah. 2 minggu sekali saya memang rutin pulang ke rumah mamah. Dulu dulu biasanya saya suka sibuk pesan kue setiap kali mau pulang. Sekarang mah enggak. Tinggal bercinta dengan oven dan mixer saja.

Nah mumpung week end, siapa tau ada teman blogger yang ingin membuatnya juga di rumah. Saya memakai resep dari mbak tiya rahmatiya dengan sedikit modifikasi. Saya pakai margarin 50% dan butter 50%. Maklum lah.. Pengen ada sensasi butternya tapi sayang kalau pakai butter semua soalnya butter kan mahal. Hahaha terus saya tambahkan susu buku 1 sendok teh. Udah itu aja.

Oh ya satu lagi.. sebaiknya saat membuat kue ini, pakai loyang besar seperti loyang buat kue kering ya. Saya memakai loyang 26 karena oven yang saya punya mentok di size loyang 26. Kalau bisa lebih besar, lebih bagus supaya kuenya tipis jadinya renyah dan enak :)

Boterkoek

Bahan :

200gr Butter (saya pakai 100gr butter dan 100gr margarin)
150gr Gula Pasir
250gr tepung protein sedang (saya pakai segitiga biru)
1/2 sdt Vanili (saya pakai vanili bubuk)
1 butir telur utuh
Sedikit garam
1 butir Kuning telur untuk olesan
Saya tambahkan juga 1sdt susu bubuk ke adonan (di resep tidak ada)
Keju, Chocochips, atau kismis atau apa saja untuk toping

Cara membuat :
- Kocok Butter, Gula pasir, Telur, Vanili, Garam sampai putih dan mengembang memakai mixer.
- Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil di mixer dengan kecepatan rendah
- Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah di olesi margarin dan ditaburi terpung terigu
- Olesi atasnya dengan kuning telur, lalu buat teksture menggunakan garpu. Setelah itu taburi toping sesuai selera
- Panggang di oven dengan suhu 200 dercel selama kurang lebih 45 menit (tergantung ovennya)

Nah gimana.. mudah kan yaah? yuk bikin boterkoek buat camilan si kecil weekend ini. Happy baking ya :)








Komentar

  1. Hemat telur ya ternyata boterkoek ini....gampang pula cara bikinnya. Siap praktek...

    BalasHapus
  2. wahh menggiurkan banget nih kayaknya
    mau coba tapi gx punya oven hikss :(

    BalasHapus
  3. Ya ampun mudah dan murah ya. Besok bikin ah. Btw pantesan aku lama nggak kesini, udah nggak ada di blog listku, entah kenapa, jd nggak tau ada update. Tp udah tak masukin lagi :)

    BalasHapus
  4. ehmm....kuenyaleker banget masa kini pula boterkoek teh geuningan mah.

    ijin follow dong ah

    BalasHapus
  5. Enak banget kelihatannya... Pengin deh nyoba nyicip. Kalau bikinnya belum bisa karena ga punya oven juga :D

    BalasHapus
  6. Kompisisinya sama kayaknya ya dg bikin butter cookies. Jd pingin cobaa..

    BalasHapus
  7. Dilihat dari hasilnya begitu menggiurkan. Pesan satu tempat boleh kayanya nih. Hehehe...

    BalasHapus
  8. Hahaha... coba butternya pakai wijsman Mbak, :D

    BalasHapus
  9. wih, kue yang kelihatan enak bengit ini :) lengkap dengan resep, ntar ane mau coba buat sendiri biar ndak penasaran :) hiks hiks

    BalasHapus
  10. aaaah jadi ngeces apalagi ada kejunya gitu ditambah kismis pula

    BalasHapus
  11. pas bgt mingdep ibu mertua ultah, sukanya yang kue2 ala londo gitu ...tfs ya mba

    BalasHapus
  12. aduuuuh cantik banget kuenya >.< kayanya juga mudah di bikin.... jadi pengen nyoba hehe

    BalasHapus
  13. kekinian banget. menggoda sekali untuk dicemil. toppingnya bisa dimainin pula~ :")

    BalasHapus
  14. kalau di rumah, anak saya yang suka nge-baking. Biasanya dia senang lihat respe begini :D

    BalasHapus
  15. Kemaren abis bikin ini, enak ya mbak
    Tapi karna punyanya oven toaster yang kecil, jadi loyangnya kecil juga, kuenya agak tebel deh jadinya gak tipis-tipis gini, tapi tetep enak kok :)

    BalasHapus
  16. Pagipagi liat foto ginian kemudian pengen ngemil kue :3

    BalasHapus
  17. kuenya tampak mengenyangkan, tapi kalau ini saya mengurangin, karena banyak gulanya bu lia :)

    BalasHapus
  18. Lumayan simpel caranya, gak ada salahnya saya coba dulu, walau gak bisa masak aslinya :). siapa tau nanti enak, malah ketagihan masak

    BalasHapus
  19. bener2 leker ini sih Li... hehe

    BalasHapus

Posting Komentar