Tips Menekan Pengeluaran Saat Travelling

Tips Menekan Pengeluaran Saat Travelling
sumber : pixabay

Yuhuuu… Adakah teman saya disini yang seorang traveler? Teman teman Traveller Pasti senang melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru yang memberikan sensasi tersendiri ya. Apalagi sekarang travelling sudah menjadi gaya hidup. Tidak hidup kalau tidak travelling. Benar begitu, bukan?

Masalahnya, pengeluaran untuk travelling bukanlah pengeluaran yang sedikit. Dulu, orang-orang baru akan melakukan perjalanan travelling kalau tabungannya sudah mencukupi. Tabungan hasil kerja keras selama setahun. Sekarang, kita perhatikan saja, banyak orang yang menjadikan travelling sebagai hobi sehingga mereka bisa melakukannya sebulan sekali.

Ada tipsnya nih supaya pengeluaran untuk travelling bisa ditekan.

Pilih Tempat Wisata yang Menarik

Ada banyak tempat wisata yang menarik di Indonesia ini. Jika budget belum mencukupi, tak perlu ke luar negeri dulu. Cari saja wisata lokal yang menarik untuk dikunjungi. Sebelum menentukan tujuan, coba cari tahu melalui sumber apa saja (bisa internet, buku panduan, atau orang yang sudah pernah ke sana) mengenai tempat wisata tersebut. Hal apa yang membuatnya menarik untuk dikunjungi agar kita tidak merasa menyesal sesampainya di sana. Jangan buang-buang waktu dan uang dengan mendatangi tempat wisata yang tidak menarik.

Pilih Moda Transportasi yang Mudah dan Murah

Kita bisa menggunakan mobil pribadi, bus, kereta listrik, kapal laut, pesawat terbang, dan moda transportasi lainnya, disesuaikan dengan tempat yang akan didatangi. Jika lokasinya bisa ditempuh dengan mobil pribadi dan lebih murah biayanya, tentu lebih baik menggunakan mobil pribadi. Tapi, jika tempat tujuan wisata tersebut sangat jauh dan hanya bisa ditempuh dengan pesawat, maka harus pintar-pintar mencari tiket pesawat yang sedang promo. Saat ini, maskapai penerbangan berlomba-lomba memberikan promo tiket pesawat murah. Manfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya.

Pilih Waktu yang Lowong

Waktu yang lowong maksudnya bukan di musim liburan. Pada musim liburan di mana orang-orang berbondong-bondong mencari tempat berlibur, biaya transportasi dan akomodasi melonjak tajam. Bahkan di tempat-tempat wisata tertentu, juga mengalami kenaikan pada harga tiket masuknya. Jadi, itu bukan waktu yang tepat untuk travelling. Kalau di luar musim liburan, Kita bisa mengambil jatah cuti kantor. Atau menjadi pekerja freelance yang tak terikat jam kantor, sehingga bisa berlibur kapan pun. Asyik, bukan?

Kurangi Biaya untuk Membeli Oleh-oleh

Sudah umum, orang-orang meminta oleh-oleh dari orang yang travelling. Hal itu sebenarnya bukan suatu kewajiban. Kita bisa berterus terang kepada mereka bahwa dana Kita terbatas sehingga tidak bisa membelikan oleh-oleh. Atau Kita bisa menawarkan untuk membelikan oleh-oleh dengan biaya dari mereka. Kalaupun ingin membelikan oleh-oleh untuk orang-orang spesial, maka belilah di tempat yang memberikan harga lebih murah. Kita bisa survey dulu atau mencari referensi di internet.

Pesan Hotel Melalui Online Travel Agent (OTA)

Akomodasi atau penginapan tentu menjadi salah satu hal penting saat travelling. Memesan kamar hotel melalui online travel agent, yaitu agen perjalanan Online yang membantu pemesanan tiket dan kamar hotel adalah pilihan yang tepat. Pilihannya ada bermacam-macam: traveloka, agoda, ticket, pegipegi, nusatrip, dan sebagainya. Kita bisa membandingkan harga yang ditawarkan dari semua agen tersebut dan mencari kamar hotel yang sedang promo. Diskonnya bisa di atas 60%. Wow!

Harga tersebut jauh lebih murah daripada memesan langsung di hotelnya. Tidak percaya? Silakan buktikan sendiri. Kita bisa mencobanya sendiri di internet. Beberapa agen juga sudah menggunakan aplikasi yang lebih memudahkan.

Promo-promo yang ditawarkan, selain diskon yang bombastis, juga bisa berupa pesan kamar untuk dua malam, gratis satu malam (itu berarti Kita bisa memperpanjang masa liburan), diskon tambahan bila menggunakan kartu kredit tertentu, diskon atau gratis untuk fasilitas premium yang ada di hotel tersebut (misalnya, SPA), promo early bird (apabila memesan jauh hari, misal tiga bulan sebelumnya), promo minimum stay (apabila menginap lebih dari satu, maka harga kamar per malamnya jadi lebih murah), diskon bila memesan melalui aplikasi, dan sebagainya. Tentunya, diskon-diskon tersebut akan memangkas pengeluaran travelling Kita.

Jadi, siapa bilang travelling itu mahal?


xo-xo
post signature

Komentar

  1. Sharecost jugak bisa jadi pilihan, Mbak. Etapi itu kalok peginya rame rame sik ya. Heheh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sih ama Beby.. kalau travellingnya rame-rame, sharecost itu membantu banget untuk menekan biaya. ^^

      Hapus
  2. Bagus juga itu tipsnya, terimakasih banyak atas infonya :-)

    Laskar pelangi

    BalasHapus
  3. Haduh bicara travelling emang rada2 gimanaa gituu....soalnya udh dihemat2 tetep aja kebablasan...wkwkwk.. btw thanks ya mb tipsnya :)

    BalasHapus

Posting Komentar