BATIK MEGA MENDUNG

sumber : qlapa.com

Karakter Khas Batik Mega Mendung

Batik mega mendung adalah kerajinan khas dari Cirebon. Motifnya menyerupai awan (mega) bergulung-gulung (mendung). Sekalipun motifnya selalu berupa awan, sesekali pengrajin mengkreasikannya bersama gambar sulur atau bunga. Sehingga, tampilannya tidak monoton dan membosankan. Nggak mengherankan kalau mega mendung semakin banyak penggemarnya.

Ciri khas batik mega mendung yang khas banget

Selain mega mendung, sebenarnya Cirebon punya corak batik lain. Yaitu batik keratonan dan pesisir.
Namun mega mendung menjadi motif yang paling diminati bahkan dijadikan sebagai lambang kota tersebut. Alasannya, coraknya punya ciri khas seperti:

  • Garis-garis dalam motif ini sebenarnya dipengaruhi oleh ciri khas China. Bedanya, bentuk garis awan mega mendung cenderung lonjong, lancip dan segitiga. Sedangkan motif khas China biasanya berbentuk lingkaran. Sehingga pada akhirnya memberikan ciri khas tersendiri.
  • Motif ini ternyataa  memiliki nilai religius. Garis-garisnya merupakan rangkaian kehidupan manusia dari mulai lahir hingga meninggal dunia. Pola kehidupan ini merupakan bagian dari kebesaran Illahi.
  • Selain bermakna religius, corak ini juga punya filosofi lain. Batik ini merupakan lambang kepemimpinan, keluasan serta kesuburan.

Filosofi yang terkandung di corak batik mega mendung

Setiap corak batik memiliki filosofi tersendiri, begitu juga dengan mega mendung. Bentuk awan mega terpengaruh dari motif yang biasa muncul pada kerajinan khas China. Bentuk seperti demikian bermakna keluasan, alam atas dan ketuhanan. Nilai-nilai dasar dalam batik bisa dilihat dari beberapa pendekatan, yaitu:

  • Nilai penampilan. Nilai bisa dilihat dari bentuk dan struktur. Bentuknya bisa dilihat secara visual. Strukturnya berupa garis yang melengkung beraturan membentuk awan atau mega.
  • Nilai isi. Pada motif ini, kita bisa mengamati lengkungan yang awalnya kecil, berputar kemudian melebar dengan lekukan. Karakter seperti demikian menggambarkan kehidupan manusia yang keluar mencari jati diri. Dalam perjalanannya selalu ada liku-liku pasang surut sebelum akhirnya kembali ke bentuk asalnya. Garis yang tidak terputus melambangkan kehidupan manusia yang utuh.
  • Nilai pengungkapan. Bermakna bahwa penggunaan kain, lilin dan canting harus sejalan atau harmoni. Begitu juga dengan perpaduan warna. Awalnya selalu didominasi warna biru berlatar merah. Makna kedua warna ini adalah kesuburan dan kuluasan. Sekalipun seiring berjalannya waktu, para pengrajin membuat variasi dari segi bentuk dan warna.

Ternyata kalau dipelajari, motif ini memiliki keluasan makna ya. Jadi makin bangga saat mengenakannya.

Kenapa banyak teman kantor yang pakai batik mega mendung?

Motif mega mendung memang sangat populer. Setidaknya dari sekian banyak koleksi batik, kamu harus punya satu saja. Kenapa banyak diminati orang-orang? Ini alasannya:

  • Membuat pemakainya tampil kalem. Kesan ini diberikan oleh gambar awan yang mendung. Dalam kehidupan nyata kita akan merasa cuaca sangat kalem pada saat mendung.
  • Terlihat unik. Jika umumnya corak batik berupa sulur, daun dan bunga, gambar awan memberikan warna tersendiri.
  • Kamu ikut melestarikan budaya bangsa. Jangan sampai kita baru tertarik dengan motif ini ketika ada negara lain yang mengklaim sebagai budaya mereka. Dengan memakainya, kita juga ikut memperkenalkan pada dunia luar mengenai kekayaan budaya kita.
  • Kain motif mega mendung mudah ditemukan di pasaran. Kalau kamu mau mendapatkan produk asli langsung dari pengrajinnya, kamu bisa mendapatkannya di Qlapa.com. Di marketplace ini tersedia aneka produk dengan corak mega mendung. Dari mulai kain, tas, pakaian dan aksesoris lainnya.


Supaya motif yang khas gak pudar, rawat batik dengan cara ini

Perawatan kain batik sangat penting agar motifnya tidak cepat pudar. Ada cara merawat khusus kain ini yang berbeda dengan perawatan kain pada umumnya. Gimana cara merawat batik? Simak langkah-langkah berikut:
  • Cuci secara manual menggunakan tangan, jangan gunakan mesin cuci. Alasannya, kita tidak bisa mengontrol kekuatan putarannya. Jika terlalu kuat akan membuat baju cepat pudar.
  • Jangan gunakan detergen karena cukup keras dan bisa merusak tekstur. Cukup rendam dalam air hangat jika pakaianmu tidak terlalu kotor. Kamu juga bisa gunakan sabun khusus berbahan sari lerak atau cukup gunakan sampo yang dilarutkan.
  • Jangan memeras pakaian. Setelah dibilas langsung digantung di jemuran atau hanger. Jangan lupa untuk membalikan pakaian ya.
  • Saat menjemur, cukup jemur di tempat teduh. Sebab sinar matahari langsung akan membuat kain cepat pudar sehingga merusak warna.
  • Jika kain terlihat kusut, kamu boleh menyetrikanya. Tetapi lapisi dulu bagian atasnya menggunakan kain. Atau cukup setrika bagian dalamnya saja.


Belanja batik mega mendung jadi lebih aman dan mudah melalui ini

Mau belanja batik mega mendung langsung dari pengrajinnya? Kita nggak perlu jauh-jauh ke Cirebon kok. Kita bisa mendapatkan batik asli di Qlapa.com. Markeplace ini adalah tempat para pengrajin menjual langsung produk mereka secara online. Cara berbelanjanya cukup mudah, proses belanja bisa dilakukan langsung lewat gadgetmu. Transaksinya juga aman karena menggunakan rekening bersama.

Yuk beli batik :) 

xo-xo
post signature

Komentar

  1. Ternyata batik nggak boleh dicuci pakai detergen ya, baru tahu lho. Warnanya biar nggak mudah pudar ya :D

    BalasHapus

Posting Komentar