Cari Tahu Informasi Biaya Pembuatan Visa Korea Selatan

cara membuat visa korea
sumber:netz.id - Insadong

Daya tarik Korea Selatan memang bagaikan magnet dari berbagai sisi. Objek wisatanya digambarkan begitu cantik, kulinernya pun bikin air liur menetes deras. Badai K-pop dan drama korea yang sudah melanda Indonesia dari beberapa tahun silam ambil andil dalam peningkatan kunjungan warga Indonesia kesana.

Saat menonton drama Korea misalnya, pasti terbayang kan seperti apa ya aslinya disana? Atau pas lagi scene makan-makan yang isi mejanya itu kok rame banget warna-warni. Tenang saja kamu tidak sendiri, tahun lalu ada 230.837 orang Indonesia yang datang ke sana menurut Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta Office.

Nah, kalau kamu ingin pergi ke Korea Selatan, siapkan paspor dan visa kamu segera. Ya,, warga Indonesia belum mendapat bebas visa jika ingin ke Korea Selatan. Untuk pembuatannya, berikut sedikit gambaran yang semoga bisa membantu kamu.

syarat membuat visa korea
foto : liburmulu.com

Pendaftaran dan Pengambilan Visa Korea Selatan

Pengajuan aplikasi visa Korea Selatan bisa dilakukan pada hari kerja selama jam 09.00-12.00 WIB. Untuk pengambilannya, bisa dilakukan selama hari kerja mulai dari jam 13.30-16.30 WIB saja. Jangan sampai terbalik ya!

Persyaratan Dokumen Visa Korea Selatan

Masalah persiapan biaya pembuatan visa Korea Selatan itu semudah kamu membeli tiket pesawat ke sana, bisa coba naik Korean Air biar serasa Korea banget haha.

Isi dan lengkapi Formulir Aplikasi Visa yang ditempel dengan foto. Dokumen yang disiapkan adalah Paspor Asli dan fotokopi identitas Paspor, bila memiliki visa Amerika dan negara OECD lampirkan fotokopi visa negara tersebut.

Untuk wiraswasta siapkan fotokopi SIUP, pelajar dan karyawan harus melampirkan surat keterangan bersekolah/kuliah/kerja dalam bahasa inggris.

cara membuat visa korea
foto : beritagar.id

Dokumen Bukti Keuangan

Dokumen keuangan yang perlu dibawa saat pembuatan visa, yaitu Bukti Potong Laporan Pembayaran Pajak atau slip gaji. Selain itu kamu juga perlu menyiapkan rekening koran tabungan 3 bulan terakhir juga referensi dari bank.

Bagi pelajar bisa kok menggunakan rekening koran orang tua, untuk ibu rumah tangga yang tidak bekerja dan tidak punya rekening koran, bisa melampirkan rekening koran suami.

Biaya Pembuatan Visa Korea Selatan

Biaya pembuatan visa Korea Selatan mungkin tidak sebesar harga tiket Korean Air, tapi akan terasa jika tidak dikembalikan apabila proses pengajuan visamu ditolak oleh pihak Kedubes Korea.

Sekarang ada dua jenis visa yang dikeluarkan yaitu multiple visa dan single visa. Untuk multiple visa dikenakan biaya 90 dollar AS (setara Rp 1,2 juta) per orang, sedangkan single visa dikenakan biaya 40 dollar AS (setara Rp 550.00) per orang.

Multiple visa merupakan visa yang dapat digunakan wisatawan untuk berkunjung berkali kali ke Korea Selatan dalam waktu 5 tahun. Proses pembuatan multiple visa ini dijamin Kedubes Korea Selatan selesai dalam sehari. Sedangkan single visa hanya dapat dipakai sekali kunjungan dan selesai diproses dalam 6 hari kerja.

cara membuat visa korea
sumber : joseph great

Pembayaran Visa Korea Selatan

Ada informasi baru lagi tentang biaya pembuatan visa Korea Selatan. Sejak April 2018, Kedubes Korea Selatan bekerja sama dengan KEB Hana Bank untuk mengurus pembayaran visa di Bank Cabang Korea Center yang terletak di samping Gedung Consular Section. Lebih mudah kan mengurus visa Korea Selatan sekarang?

Ada juga pilihan program group visa yang biaya pembuatan visa lebih murah jika berangkat minimal bersama 5 orang. Syaratnya, pengajuan group visa harus diurus di 33 agen perjalanan yang sudah bekerja sama dengan Kedubes Korea Selatan.

Sudah tau kan apa saja yang harus disiapkan? Oh ya dalam mengurus Visa Korea Selatan, kamu tidak perlu melampirkan fotokopi tiket pesawat Korean Air dan reservasi hotel selama kamu disana loh.

Selamat berlibur ke Korea ya!

xo-xo
post signature

Komentar