TENTANG MEDIA SOSIAL

Assalamualaikum

Bicara soal media sosial, tentu tidak akan lepas dari habit individu masa kini. Media sosial sudah menjadi salah satu elemen penting yang boleh di katakan mendarah daging pada beberapa orang, termasuk saya.

Kenapa saya sangat butuh media sosial? jawabannya bukan untuk alay, tapi untuk kerja, menghasilkan uang. 

Yapp!! 
Media sosial sekarang sudah waktunya di maintain untuk dapat menghasilkan uang, bukan hanya jadi tempat menuangkan status-status galau.

Jadi ingat, media sosial pertama yang saya punya adalah Friendster. Duh tahun berapa ya itu.. sekitar 2006 atau 2007 deh. Pokoknya saya ingat sekali, setelah Navaro lahir, friendster ditutup dan terbitlah facebook ☺

Sejak facebook muncul, saya memang sudah belajar untuk membangun image disana. Bahasa kerennya, branding. Meskipun awal-awal punya masih diapakai untuk fanwar, (iya dulu saya sempat ikutan yang namanya fanwar). Fanwar pertama saya dengan fans artis China, Peter Ho. Sampai sekarang Fanpage nya masih ada di Facebook, namanya Peter Ho Family Indonesia. Itu adalah Fanpage pertama yang saya buat ☺

Bertambah usia bertambah pengetahuan. Akhirnya Facebook tidak lagi saya gunakan untuk kegiatan hobi saya, tapi saya khususkan untuk branding bisnis online yang saya punya. Alaynya pindah deh ke twitter hahaha 

Etapi benar lho.. Masing-masing platform, karakteristik penggunanya berbeda-beda. Jadi kalau bisa, sebaiknya postingan kita sesuaikan dengan karakter teman-teman kita. 

Saat ini, saya menggunakan 3 akun media sosial yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram. 
Ada banyak platform lain tapi saya hanya menggunakan 3 platform ini. 

1. FACEBOOK 

Saya memakai facebook sejak tahun 2008. Membangun image di facebook tidaklah mudah. Tapi facebook masih jadi tempat dengan pasar terbanyak untuk bisnis yang saya jalankan, ORIFLAME
Dulu, saya menumpahkan semua curhatan di facebook. Dari sedih, bahagia, alay, semuanya. Tapi sekarang, saya sudah mulai memisahkan dan memfilter mana yang harus saya posting dan mana yang tidak. Semua butuh proses, tidak instan. Tapi semua pasti akan ada hasilnya kalau kita belajar dan berusaha. 

2. TWITTER

Bergabung sejak tahun 2009, dan twitter lebih saya pergunakan untuk cuit segala sesuatu yang berhubungan dengan hobi menonton drama korea, serta stalking oppa oppa yang gantengnya kebangetan di drama-drama korea itu. Hanya saja, 2 tahun terakhir ini saya sudah tidak begitu aktif lagi di twitter, karena stalking oppa-oppa korea saat ini lebih indah di Instagram. Hahaha 

3. INSTAGRAM

Platform yang paling sering saya kunjungi saat ini. Spoiler drama korea, info terbaru oppa-oppa korea, sampai gosip artis A lagi makan di warteg, bisa saya ketahui dari Instagram. Instagram lebih saya pergunakan untuk sharing kegiatan keseharian sekaligus memperkenalkan bisnis yang sedang saya kerjakan. 

Masing-masing platform punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Saya sendiri, merasa nyaman di ketiga platform ini karena merasa punya fungsi berbeda-beda. 

Nah temen-temen sendiri, lebih suka pakai platform yang mana, dan media sosial digunakan untuk apa? 


xo-xo
post signature

Komentar